Tips Memilih Bisnis Yang Tepat

ilulstrasi-bakat-bisnisMemilih bisnis yang tepat ternyata memang tidak bisa disepelekan. Siapapun anda yang ingin memulai suatu bisnis, maka anda harus benar-benar memperhatikan bisnis seperti apa yang paling sesuai dengan anda. Dalam menentukan hal ini sebaiknya anda tidak hanya melihat dari angan-angan keuntungan yang besar saja, tapi perhatikan juga faktor lain yang berhubungan dengan kemampuan anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih bisnis yang tepat untuk anda :

  1. Pilih bisnis yang sesuai dengan hobi anda
    Melakukan suatu kegiatan bisnis yang sesuai dengan hal-hal yang anda senangi tentu akan membuat anda senang dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Kata senang inilah yang nantinya akan memberikan semangat pada anda dalam menjalankan bisnis sehingga anda akan lebih cepat menjemput keberhasilan anda. 

  2. Lakukan riset pasar
    Setelah anda menemukan berbagai ide bisnis yang tentunya sesuai dengan kesenangan anda, langkah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Melalui cara ini anda akan mengetahui apakah ide bisnis anda memiliki potensi yang bagus untuk berhasil atau mungkin anda sebaiknya memang harus mencari ide lain. 

  3. Konsultasi
    Jika anda masih bingung dalam menentukan pilihan ide bisnis, tidak anda salahnya anda bertanya pada orang yang lebih tahu. Ada bisa melakukan konsultasi pada orang yang memang ahli dibidangnya atau mungkin sekedar sharing dengan sahabat, rekan, atau mungkin keluarga untuk mendapatkan solusi. 

  4. Sesuaikan dengan ketrampilan atau kemampuan anda
    Suatu pekerjaan atau bisnis yang tidak disertai dengan ketrampilan, tentu binis tersebut akan sulit berkembang. Bagaimana tidak, seperti halnya ketika anda hendak pergi ke Surabaya tentu anda harus tahu bagaimana caranya agar anda bisa mencapai kota tujuan tersebut. Nah cara di sinilah yang digambarkan dengan ketrampilan yang seharusnya anda miliki dalam memulai suatu usaha. 

  5. Sesuaikan dengan modal financial anda
    Selain modal skill modal financial tentu juga harus dipertimbangkan. Sebesar atau sekecil apapun modal yang akan anda keluarkan nantinya harus benar-benar anda perhitungkan dengan matang dalam memilih bisnis. 

  6. Fokus
    Tentunya kata FOKUS disini memiliki porsi yang cukup besar dalam menjalankan bisnis/usaha anda dikemudian hari. Selain tips-tips yang sudah saya sebutkan tadi, cobalah untuk fokus dengan bisnis yang telah anda pilih dan berusahalah menjadi yang ‘Ahli Dibidangnya’
     

Bisnis apapun yang Anda pilih untuk memulainya, saya sarankan untuk meluangkan waktu untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan teruslah belajar dari kegagalan. Selamat Berbisnis! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *